sejarah Desa

Administrator 20 Maret 2019 16:52:14 WIB

                              SEJARAH SINGKAT DESA BAH SUMBU KECAMATAN TEBING TINGGI

Menurut sejarahnya Desa Bah sumbu berasal dari Bahasa simalungun yang artinya BAH adalah AIR, SUMBU adalah poros atau baru dibuka, setelah awalnya namanya BULIAN-BAJENIS. Bulian Bajenis terbentuk karna adanya pemekaran wilayah kota Tebing Tinggi. Dusun-Dusun yang tidak termasuk pemekaran kota Madya,disatukan menjadi satu Desa yaitu BULIAN-BAJENIS yang berdiri dari tahun 1976-1977. Setelah itu timbulah keputusan Bupati DeliSerdang bahwasannya sudah tidak diperbolehkan lagi menambah Desa dikecamatan tebing Tinggi sehingga nama Bulian-Bajenis diganti menjadi Bah sumbu.

  Sejak awal dibentuknya tahun 1978 Desa Bah sumbu telah dipimpin oleh 3 (tiga) orang kepala desa yaitu :

1.SELAMAT SUJOKO : 1976-1998

2.PONIRIN SE         :1998-2007

3.SUHARTOYO        : 2007 s/d sekarang

   Desa Bah sumbu yangterdiri sejak tahun 1978 yang pertama sekali masuk di desa Bah sumbu ini adalah Dusun III ,yang pada saat sekarang yang mendiami Desa Bah sumbu adalah suku bangsa Jawa dan simalungun dari Tebing Tinggi mereka datang untuk membuka lahan pertanian dan mereka datang menyebrangi sungai padang dengan menggunakan rakit .

Pada tahun 1978,beberapa tokoh masyarakat dari Bulian-Bajenis dan warga Dusun III Bah Sumbu mengadakan musyawarah dengan memutuskan Desa Bahsumbu menjadi 8 Dusun

Komentar atas sejarah Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Bah sumbu

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung